Animasi 2D
ANIMASI 2D SQUASH AND STRETCH DAN ANTICIPATION
Prinsip Utama :
Dalam animasi dua dimensi
1.) Timing (Waktu)
Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam – macam jenis gerak.
Percepatan atau perlambatan suatu objek.
3.)Arcs (Lengkungan)
Pada animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs.
4.)Follow Through and Overlapping Action
Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak.
Overlapping action adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului (overlapping).
Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik.
6.)Squash and Strecth
Squash and strecth adalah upaya penambahan efek lentur (plastis)
pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga
memberikan efek gerak yang lebih hidup.
7.)ExaggerationMelebih - lebihkan atau medramatisir suatu adegan
8.)Straight Ahead and Pose to Pose
Prinsip Straight-ahead mengacu kepada teknik pembuatannya, yaitu dengan teknik frame by frame, digambar satu per satu.
Pose to pose menggunakan teknik keyframe, seperti tween motion di flash. Ini cocok untuk mereka yang dananya terbatas dan butuh pengerjaan cepat.
9.)Anticipation
Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/awalan gerak atau ancang - ancang.
10.)Staging
Staging adalah sudut pengambilan gambar, untuk mempengaruhi mood.
11.)Personality
Membuat sedetail mungkin kepribadian seorang tokoh misalkan tanggal
lahir, hobi, sifat baik dan jahat. Penjiwaan karakter akan membuat penonton
mengenali karakter tersebut.
12.)AppealAppeal berkaitan dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi.
Berikut contoh hasil animasi dari dua prinsip yang ada :
1.) Squash and stretch
2.) Anticipation
Anisa Maya Zhafira
4103171053
2 D3 Teknologi Multimedia Broadcasting B
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
Komentar
Posting Komentar