Animasi 2D

ANIMASI 2D SQUASH AND STRETCH DAN ANTICIPATION

         Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.  ( Ibiz Fernandez McGraw- Hill/Osborn, California, 2002)

Prinsip Utama :
Dalam animasi dua dimensi
1.) Timing (Waktu)
      Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan sementara spacing adalah tentang menentukan percepatan dan perlambatan dari bermacam – macam jenis gerak. 
2.) Ease In and Ease Out
    Percepatan atau perlambatan suatu objek.
3.)Arcs (Lengkungan)
    Pada animasi, sistem pergerakan tubuh pada manusia, binatang, atau makhluk hidup lainnya bergerak mengikuti pola/jalur (maya) yang disebut Arcs. 
4.)Follow Through and Overlapping Action
   Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak.
    Overlapping action adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului (overlapping).
5.)Secondary Action
   Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik.
6.)Squash and Strecth
     Squash and strecth adalah upaya penambahan efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup.
7.)Exaggeration
     Melebih - lebihkan atau medramatisir suatu adegan
8.)Straight Ahead and Pose to Pose
      Prinsip Straight-ahead mengacu kepada teknik pembuatannya, yaitu dengan teknik frame by frame, digambar satu per satu.
      Pose to pose menggunakan teknik keyframe, seperti tween motion di flash. Ini cocok untuk mereka yang dananya terbatas dan butuh pengerjaan cepat. 
9.)Anticipation
     Anticipation boleh juga dianggap sebagai persiapan/awalan gerak atau ancang - ancang. 
10.)Staging
     Staging adalah sudut pengambilan gambar, untuk mempengaruhi mood.
11.)Personality
      Membuat sedetail mungkin kepribadian seorang tokoh misalkan tanggal lahir, hobi, sifat baik dan        jahat. Penjiwaan karakter akan membuat penonton mengenali karakter tersebut.
12.)Appeal
     Appeal berkaitan dengan keseluruhan look atau gaya visual dalam animasi. 

Berikut contoh hasil animasi dari dua prinsip yang ada :
1.) Squash and stretch


2.) Anticipation


Anisa Maya Zhafira
4103171053
2 D3 Teknologi Multimedia Broadcasting B
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 07: Menghitung Nilai Mata Kuliah V2

Prak 06: Menghitung Nilai Mata Kuliah V1

Prak 12: Script Pada Photoshop