Prak 4 : Camera Path, Lighting, and Material

Judul :
Camera Path, Lighting, and Material

Tujuan 
Mahasiswa dapat memahami tenting elemen yang bisa ditambahkan pada Sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, dan Material. Camera path diimplementasikan menggunkan spline. Lighting menggunkan physical sky dan area light.

Alat :
- Laptop/PC
- Adobe Illustrator
- Maxon Cinema 4D
- Time Lapse Assembler

Bahan :
Logo Pens

Dasar Teori :
a. Perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path
     Animasi motion guide adalah animasi sebuah movie clip yang bergerak mengikuti jalur sesuai dengan yang kita buat. Motion guide ini biasanya ada pada animasi 2D dan sering digunakan di Adobe Flash. Sedangkan Camera path, pengertiannya sama dengan animasi motion guide yaitu movie clip yang bergerak mengikuti jalur sesuai dengan path yang kita buat. Untuk Camera Path ini, kita gunakan pada animasi 3D karena mengambil angle dari sumbu x, y, maupun z.
b. Perbedaan antara Physical Sky dan Area Light
     Physical Sky adalah fitur yang disediakan Cinema 4D untuk mengubah background area menjadi berwarna seperti suasana langit yang dapat kita atur pula waktunya sesuai keinginan kita. Sedangkan Area light adalah fitur Cinema 4D untuk memberikan efek cahaya yang tampak pada object. Seperti arah-arahnya dan gelap-terangnya.
c. Yang dimaksud material dan contoh penggunaannya
     Material adalah fitur pada Cinema 4D yang digunakan untuk memberikan warna pada object. Pada fitur material ini terdapat banyak pengaturan warna serta texture yang dapat kita tambahkan pada object. Contohnya jika kita ingin memberikan efek glossy pada object, maka kita pilih material Danel, jika ingin efek seperti kayu, maka kita pilih benzi, jika kita ingin efek seperti glitter maka kita pilih cheen, dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengatur warnanya dan tingkat efeknya sesuai keinginan kita.

Petunjuk Praktikum

  1. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.
  2. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky
  3. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light
  4. Menambahkan Material

Tugas Praktikum
Mengatur camera path, lighting, dan material.

Hasil Praktikum
Sebelum render

Sesudah Render





Kesimpulan
Pada praktikum ini ssaya belajar umur mengatur camera path, lighting dan material. Material disini yaitu until members wanna logo.

Referensi
http://atikafirdaus.blogspot.co.id/search?updated-max=2016-03-23T05:26:00-07:00&max-results=20&start=5&by-date=false
http://www.mohhasbias.com/prak-02-camera-path-lighting-and-material/

Anisa Maya Zhafira
4103171053
2 MMB B




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 07: Menghitung Nilai Mata Kuliah V2

Prak 06: Menghitung Nilai Mata Kuliah V1

Prak 12: Script Pada Photoshop