Postingan

Prak 05 : Menyelesaikan "Hour of Code"

Gambar
1. Tujuan Mahasiswa dapat mempelajari programming melalui kegiatan menyelesaikan "Hour of Code" 2. Alat - Browser 3. Bahan - Aktivitas "Hour of Code"  https://hourofcode.com/id/learn 4. Dasar Teori       Hour of code adalah sebuah website yang memberi kesempatan untuk setiap pelajar mencoba computer science dalam waktu satu jam. "Hour of code is an oppurtunity for every student  to try computer science for one hour"      5. Tugas Praktikum - Menghatamkan minimal 1 kegiatan "hour of code" 6. Pentunjuk Praktikum  - Pilih minimal 1 kegiatan "Hour of Code" - Selesaikan kegiatan tersebut pada sesi praktikum ini - Akhiri praktikum dengan menulisakan laporan 7. Hasil Praktikum Dalam kegiatan praktikum saya memilih "Pemrogaman dengan Anna dan Elsa" Terdapat 20 langkah code yang ada, ada perintah setiap langkahnya. Dari langkah yang sederhana hingga rumit. Code ini membuat berbaga...

Prak 03: Membuat Rencana Anggaran Kegiatan Mahasiswa

Gambar
1. Tujuan Mahasiswa dapat mempelajari programming melalui kegiatan pembuatan rencana anggaran kegiatan mahasiswa. 2. Alat - Ms. Excel 3. Bahan - Daftar Kebutuhan - Format Tabel Rencana Anggaran 4. Dasar Teori     Rencana anggaran biaya adalah segala bentuk perencanaan mengenai aktivias - aktivitas perusahaan yang dinyatakan dalam satuan uang. RAB meliputi anggaran biaya produksi, pemasaran, biaya administrasi, dan biaya umum lainnya sehingga harus disusun secermat dan seteliti mungkin. [temukanpengertian.com] 5. Tugas Praktikum Tugas ini berdasarkan perandaian. Suatu how hima MMB ingin mengadakan sebuah kegiatan. Kegiatan tersebut membutuhkan Anggaran. Berikut adalah daftar kebutuhan yang diperlukan Seksi Acara Hand Out @2,000 x100 Block Note @3,000 x100 Pulpen @1,000 x100 Tote Bag @5,000 x100 Bingkisan Pembicara @200,000 x2 pemateri Seksi Perlengkapan dan Akomodasi Cleaning Service @200,000 x1 hari Soundman ...

Prak 02 : Membuat Kumpulan Name Tag Kepanitian

Gambar
1. Tujuan Mahasiswa dapat mempelajari programming melalui kegiatan pembuatan name tag kepanitiaan. 2. Alat - Ms. Word - Ms. Excel - Pdf 3. Bahan Desain name tag ( sumber:  http://salamunpicassa.blogspot.com/2019/04/download-template-id-card-format-word.html ) 4. Dasar Teori       Kartu adalah kertas tebal, berbentuk persegi panjang (untuk berbagai keperluan hampir sama dengan karcis). Anggota yaitu kartu yang memuat jati diri seseorang sebagai tanda ke-anggotaan suatu perkumpulan (persahaan dan sebagainya) [kbbi.web.id/kartu]       Salah satu caranya yaitu dengan cara mail merge. Mail merge adalah alat yang berguna memungkinkan untuk menghasilkan beberaoa surat, label, amplop, tag nama, dan lainnya menggunakan informasi yang disimpan dalam daftar, database, atau spreadsheet. Ketika memanfaatkan merge mail, diperlukan dokumen word dan daftar penerima biasanya disebut woorkbook excel [edu.gfcglobal.org] 5. Tugas...

Prak 01 : Membuat Kumpulan Sertifikat Kegiatan

Gambar
1. Tujuan Mahasiswa dapat mempelajari programming melalui kegiatan pembbuatan sertifikat kegiatan. 2. Alat - Ms. Word - Ms. Excel - Pdf 3. Bahan Sertifikat Kegiatan 4. Dasar Teori         Sertifikat adalah tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilikan atau suatu kejadian [kbbi.web.id]. Dalam kegiatan sehari - hari terdapat pelaksanaan seminar yang biasanya diberikan sertifikat. Biasanya peserta seminar tidaklah sedikit, maka dari itu dalam pembuatan sertifikat tidak mungkin menulis satu persatu. Maka dari itu diperlukan sebuah programing sederhana.         Salah satu caranya yaitu dengan cara mail merge. Mail merge adalah alat yang berguna memungkinkan untuk menghasilkan beberaoa surat, label, amplop, tag nama, dan lainnya menggunakan informasi yang disimpan dalam daftar, database, atau spreadsheet [edu.gfcglobal.org] 5. Tugas Pr...

Prak 15 : [Part4] Membuat Kartu Ucapan

Judul   : Membuat kartu ucapan Tujuan   :  Mahasiswa mampu membuat kartu ucapan dengan beberapa cara. Alat   : 1. Generator Renderforest Bahan   : - Gambar masjid Dasar Teori           Animasi 3D merupakan animasi yang dibuat dengan menggunakan model seperti yang berasal dari lilin, clay, boneka dan menggunakan kamera animasi yang dapat merekam frame demi frame. Ketika gambar – gambar tersebut diproyeksikan secara berurutan dan cepat, lilin atau clay boneka tersebut akan terlihat seperti hidup dan bergerak. Animasi 3D dapat juga dibuat dengan menggunakan komputer. Animasi 3D adalah objek animasi yang berada pada ruang 3D. Objek Animasi dapat dirotasi dan berpindah seperti objek riil. Tugas Praktikum Buatlah animasi kartu ucapan dengan aset 3D Petunjuk Praktikum 1. Pilih kartu ucapan referensi 2. Buat sketch kartu ucapan 3. Buat list 3D model yang diperlukan 4. Produksi     Ada...

Prak 14 : [Part3] Membuat Kartu Ucapan

Gambar
Judul   : Membuat kartu ucapan Tujuan   :  Mahasiswa mampu membuat kartu ucapan dengan aset 3D. Alat   : 1. After Effect Bahan   : - editorsdepot.com Dasar Teori           Animasi 3D merupakan animasi yang dibuat dengan menggunakan model seperti yang berasal dari lilin, clay, boneka dan menggunakan kamera animasi yang dapat merekam frame demi frame. Ketika gambar – gambar tersebut diproyeksikan secara berurutan dan cepat, lilin atau clay boneka tersebut akan terlihat seperti hidup dan bergerak. Animasi 3D dapat juga dibuat dengan menggunakan komputer. Animasi 3D adalah objek animasi yang berada pada ruang 3D. Objek Animasi dapat dirotasi dan berpindah seperti objek riil. Tugas Praktikum Buatlah animasi kartu ucapan dengan aset 3D Petunjuk Praktikum 1. Pilih kartu ucapan referensi 2. Buat sketch kartu ucapan 3. Buat list 3D model yang diperlukan 4. Produksi Hasil Praktikum Menggu...

Prak 11 : Test Drive Motion Capture System

Gambar
Judul   : Test Drive Motion Capture System Tujuan   :  Mahasiswa mampu membuat animasi 3D menggunakan motion capture system. Alat   : 1. Opti Track 2. Motive Body Bahan   : Tanpa Bahan Dasar Teori           Motion capture, motion tracking, atau mocap adalah terminologi yang digunakan untuk mendeskripsikan proses dari perekaman gerakan dan pengartian gerakan tersebut menjadi model digital. Ini digunakan di militer, hiburan, olahraga, aplikasi medi, dan calidasi cisi computer dan robot.  Di dalam pembuatan film, mocap berarti merekam aksi dari actor monusia dan menggunakan informasi tersebut untuk menganimasi karakter digital ke model animasi computer dua dimensi atau tiga dimensi. Ketika itu termasuk wajah dan jari - jari atau penangkapan ekspresi yang halus, kegiatan ini biasa dikatakan sebagai performance capture. Tugas Praktikum Buatlah animasi menggunkan motion capture system Petunjuk Pr...